Assalamu alaikum wr.wb.
Halo ibu bapak Sahabat Teknologi.
Matematika, sebagai salah satu cabang ilmu yang memiliki peran integral dalam pembentukan keterampilan berpikir analitis dan pemecahan masalah, seringkali dihadapkan pada tantangan dalam proses pembelajarannya. Namun, di Alumni PPs Pendidikan Matematika UNM, pendekatan belajar tidak hanya diartikan sebagai kewajiban, melainkan sebagai sebuah petualangan ilmiah yang mengasyikkan.
Dengan menggabungkan metode pembelajaran inovatif, sumber daya yang memadai, dan pendekatan personalisasi, program ini telah membuktikan bahwa memahami dan menyukai Matematika bukanlah hal yang terpisah. Sebaliknya, belajar Matematika di sini adalah tentang membangun fondasi pengetahuan yang kokoh sambil menikmati setiap detik perjalanannya.
Dalam tulisan ini, kita akan menyelami lebih dalam mengenai pengalaman belajar yang mengasyikkan dan inspiratif di Alumni PPs Pendidikan Matematika UNM. Dengan memahami bagaimana pendekatan unik ini mempengaruhi perspektif dan keterampilan para pelajar, kita akan memperoleh wawasan berharga mengenai potensi tak terbatas dari proses pembelajaran Matematika yang menggugah semangat.
Pada kesempatan kali ini, saya telah berbagi praktik baik inovasi pembelajaran bersama Alumni PPs Pendidikan Matematika UNM. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 14 Oktober 2023 Pukul 20.00 - 21.00 melalui google meet.
Tema kegiatan berbagi tahun ini yang saya ambil adalah Baruasa Tekne yang merupakan bahasa Makassar yang berarti Baruasa Manis. Makanan ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari tepung beras. BARUASA TEKNE sebagai tagline yang kepanjangannya Berbagi dan Berkolaborasi untuk semua bersama sahabat teknologi Sulsel.
Inovasi pembelajaran yang saya ambil adalah Pembelajaran Maggasing. Maggasing merupakan permainan tradisional dari Sulawesi Selatan menggunakan kayu atau kepala muda yang dibuat gasing. (Matematika yang Menyenangkan dan Mengasyikkan berbantuan GoSIpP dengan Model DIL). GoSIpP = Google Sites Interaktif Terpadu PMM. Model DIL = Discovery Inquri Learning.
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN :
AWAL
A. Mencari bahan di PMM
B. Membuat Media GoSIpP dengan alamat Url: http://bit.ly/12jarak
MODEL DIL
1. Menimbulkan pertanyaan:
Guru memulai dengan membangkitkan minat peserta didik melalui pertanyaan atau masalah yang menarik. Hal ini merangsang rasa ingin tahu dan memicu proses penyelidikan.
2. Eksplorasi
peserta didik diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi konsep atau topik yang sedang dipelajari melalui observasi, eksperimen, atau pengumpulan data. Mereka dapat menggunakan berbagai sumber informasi, termasuk buku, internet, atau wawancara.
3. Penemuan
Peserta didik membangun pemahaman mereka sendiri melalui proses penemuan. Mereka menghubungkan informasi yang mereka peroleh dengan pengetahuan yang sudah ada dan membuat asosiasi baru.
4. Refleksi
Peserta didik merefleksikan temuan dan pemahaman mereka. Mereka mengidentifikasi kesulitan, mempertanyakan dan memeriksa gagasan mereka, serta menyimpulkan hasil dari proses penelitian.
5. Komunikasi
Peserta didik berbagi hasil penelitian dan pemahaman mereka dengan guru dan teman sekelas melalui presentasi, diskusi, atau laporan tertulis. Ini memungkinkan mereka untuk mengartikulasikan dan memperkuat pemahaman mereka sendiri.
#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
Daftar Hadir
0 comments:
Posting Komentar