Integrasi Model DIL dan Rumah Belajar dalam Matematika (Dokumetasi Pribadi)
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tanpa terasa sudah memasuki 8 bulan. Tentu saja ini membuat guru dan peserta didik sudah bosan. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang menarik. Tentu saja karena masih pandemi maka yang bisa dimanfaatkan adalah teknologi. Teknologi yang digunakan disesuaikan dengan ketersediaan perangkat TIK yang bisa diakses peserta didik.
Salah satu portal yang bisa diakses secara GRATIS adalah Portal Rumah Belajar di alamat http://belajar.kemdikbud.go.id/. Di dalamnya banyak fitur yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Diantaranya Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya dan Bank Soal.
Dalam pemaparan ini, saya mencoba menggunakan kelas maya dan sumber belajar dengan mengintegrasikan ke dalam matematika SMK menggunakan Model Discovery-Inqury. Mode ini menggabungkan Model Discovery dan Model Inquiry.
Tahapan/sintaks pembelajarannya ada 6 yaitu sebagai berikut.
Tahapan Model DIL (Sumber : Buku Panduan Model Pembelajaran Inovatif Pusdatin)
Adapun penerapannya dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
1. Persiapan kelas maya
Pada tahap ini, guru membuat kelas maya di https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/Home/?ReturnUrl=%2FKelasMaya%2FDashboard lalu login dengan akun guru dan membuat kelas maya serta mengisi konten pembelajarannya.
2. Sumber belajar
Selanjutnya mencari konten dari sumber belajar yang sesuai dan memasukkannya ke kelas maya berupa link. Sumber belajar yang diambil berupa video pembelajaran yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi.
Selanjutnya diterapkan model pembelajaran discovery-inquiry learning. Berikut langkah-langkahnya :
1. Stimulation
Mengamati : Guru meminta peserta didik masuk ke kelas maya di alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya dan log in menggunakan akun yang telah dibuat. Selanjutnya menuju ke kegiatan belajar 4 yang berisi stimulus berupa video dan meminta mereka menuliskan masalah yang belum jelas dari video.
2. Problem Statement
Menanya : Berdasarkan pertanyaan yang diajukan, maka melalui WA, peserta diberikan waktu untuk berdiskusi mengenai ukuran pemusatan data. Selanjutnya guru memberikan tugas membahas ukuran letak data secara berkelompok
3. Data Collection
Mengeksplorasi : siswa membuka modul di kelas maya serta mencari sumber lain seperti bse atau 4. internet untuk mengumpulkan data terkai ukuran letak data
4. Data Processing
Mengasiasikan : siswa mengolah data tersebut sehingga dapat mengerjakan tugas sesuai petunjuk yang diberikan
5. Verification
Mengokumnikasikan : peserta didik mempresentasikan tugas yang dibeikan melalui zoom.
6. Generalization
Mengomunikasikan : siswa bersama guru mereview dan meresume hasil presentasi. Berikutnya guru dan siswa melaksanakan refleksi bersama.
Informasi lebih lanjut bisa disimak pada Vlog berikut.
Portal Rumah Belajar, Belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Merdeka belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.
0 comments:
Posting Komentar